TENTANG AKPER HERMINA MANGGALA HUSADA

Program Studi Keperawatan (AKPER) Manggala Husada Jakarta merupakan program studi keperawatan yang   berdiri dibawah binaan Yayasan Bhakti Husada Jaya yang didirikan atas dasar kebutuhan tenaga kesehatan, khusus keperawatan. Yayasan Bhakti Husada Jaya mengajukan pendirian ijin ke Kanwil Dinas Kesehatan, tanggal 24 Januari 1994 mendapatkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor DL.02.02.1.1.497, untuk mendirikan Akademi Keperawatan Manggala Husada Jakarta. Pada tahun Akademik 1994 – 1995 Program D III Keperawatan Akper Manggala Husada Jakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru angkatan pertama.


Pada tahun 2000 setelah lima tahun berjalan Akper Manggala Husada mendapatkan ijin pendirian program studi keperawatan,  tahun 2005  dilakukan akreditasi oleh kementrian kesehatan dan  mendapatkan perpanjangan ijin penyelengaraan pendidikan Akper Manggala Husada  sampai  tahun 2010 dan dilakukan akreditasi kembali  dengan nilai 83,34 dan berakhir pada awal bulan Januari 2015. Pada tahun 2006 Akper Manggala Husada mengurus alih bina  ke  Dirjen Dikti Kemendiknas dengan SK. No.  202 /D/O/2006 tanggaL 5 September 2006 begitu pula ijin operasional sudah diterbitkan untuk kedua kalinya dan yang terakhir berdasarkan SK perpanjangan ijin Program Studi Keperawatan Jenjang D-3 di Akademi Keperawatn Manggala Husada oleh Kementrian Pendidikan Nasional Koordinator Perguruan Tinggi Swasta    wilayah -3 Jakarta No.9787/D/T/K-III/2011.


Pengelolaan institusi pendidikan disesuaikan dengan Undang-Undang No 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional, maka sejak tahun 2004 pengelolaan Akper Manggala Husada dipimpin oleh Direktur yang  memiliki pendidikan profesi perawat  dimana awalnya Direktur dipimpin oleh profesi lain yaitu dokter.  Struktur organisasi yang telah dibuat, Direktur langsung bertanggung jawab kepada ketua yayasan Bhakti Husada Jaya,  dengan diterbitnya SK yayasan  Pengangkatan  Direktur dengan No.001/YBHJ/XII/2013.


Tahun 2012 setelah mahasiswa mengikuti ujian akhir program, mahasiswa   dipersiapkan  untuk menghadapi ujian  kompetensi (UKOM) DIII Keperawatan  mendapatkan registrasi profesi dalam bentuk sertifikat STR ( surat tanda registrasi). Gelar Akademi Keperawatan (AKPER)  adalah Ahli Madya Keperawatan (AMd.Kep) yang memiliki dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan profesional dalam bidang keperawatan, kreatif dan adaptif terhadap perkembangan dan perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidangnya.


Tahun 2013 mahasiswa baru yang mendaftar di Akademi Keperawatan mengalami penurunan hingga 50% dan  juga tahun 2014 hal ini dikarenakan pindahnya gedung Akper manggala Husada dari tempat yang berada di lingkungan RS Jiwa Soeharto Hoerjan ke tempat Tomang Raya  yang  tidak berada di lingkungan rumah sakit. Pada Akhir tahun 2014 Akper Manggala Husada bekerja sama dengan  Hermina Hospital Group, gedung perkuliahan pindah ke gedung Hermina Hospital Group didaerah Jati Negara Barat, hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan jumlah mahasiswa yang mendaftar. Visi misi yang telah dibuat disusun ulang kembali dengan reformulasi visi misi  Akper Manggala Husada dengan Hermina Hospital Group.


Guna melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Program Studi Keperawatan berusaha meningkatkan SDM terutama dosen tetap untuk melanjutkan pendidikan tinggi yaitu S2 dan juga mengikuti kegiatan seminar, pelatihan, workshop dll, sehingga sumber daya dosen  yang ada berdasarkan kualifikasi dan pengalamannya dengan komposisi jumlah dosen tetap sebanyak  6 orang (35%), dosen tidak tetap sebanyak 13 (65%). Dilihat dari gelar akademiknya, dosen tetap program studi sebanyak  3 Orang  bergelar S2 dan  3 orang bergelar S1, saat ini sedang melanjutkan perkuliahan program magister keperawatan. Ada penambahan dosen dari Hermina Hospital Group sebanyak 3 orang dengan latar belakang keperawatan sedang melanjutkan program magister keperawatan. Dosen yang memiliki jabatan fungsional akademik dosen hanya satu orang. Jumlah dosen tetap yang dimiliki cukup memadai dengan perbandingan 1 :15 terhadap jumlah seluruh mahasiswa.


Pelaksanaan PBM dilakukan di kampus didukung adanya ruangan-ruangan dalam penyelenggaraan kegiatan akademik yang terdiri : 6 kelas dengan kapasitas satu ruang kelas 30 dan 40 orang, dilengkapi dengan sarana AC,  mic, papan white board, amply fier, LCD, Free Hot Spot Wifi,1 ruang laboratorium komputer  dan 1 ruang perpustakaan. Ruang-ruang pendukung penyelenggaraan pendidikan terdiri :  ruang tata usaha, ruang pimpinan Akademi Keperawatan (AKPER) Manggala Husada Jakarta dan program studi, ruang keuangan, dan ruang dosen. Pemanfaatan kelas rata-rata 6 – 8 jam perhari, waktu penggunaan ruang dari jam 08.00 sampai jam 16.00 WIB. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan system kredit semester dengan menempuh 109 SKS dengan komposisi 40 % mata kuliah teori dan 60%  mata kuliah praktek yang dirancang bisa ditempuh dalam waktu 6 semester.


Sampai pada tahun akademik 2014/2015 populasi mahasiswa program studi  AKPER Manggala Husada Jakarta tercatat sejumlah 101 orang mahasiswa secara umum capaian kinerja program studi keperawatan menunjukkan hasil yang baik dilihat dari masukan, proses dan evaluasi . Kegiatan akademik dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi adalah menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar berbasis kompetensi,  setiap tahunnya dosen tetap dengan melibatkan mahasiswa dalam membuat penelitian berdasarkan Rencana Induk Penelitian (RIP) dan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk tim dosen dan mahasiswa dalam bentuk kegiatan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pelatihan kader, dan skrining pemeriksaan tumbuh kembang pada anak. Mahasiswa melakukan aplikasi materi promosi kesehatan yang sudah didapat di perkuliahan.